Senin, 03 Mei 2010

Para Pemilik Konsol PS3 Menggugat Sony Corpration


Sumber : Klik Di SIni
Para pemilik konsol Sony PlayStation 3 di San Francisco, Amerika Serikat (AS) mengajukan tuntutan class-action melawan Sony Computer Entertainment. Tuntutan ini diajukan terkait tindakan Sony menghilangkan fungsi support untuk sistem operasi Linux saat meng-upgrade sistem terbaru mereka.

Kuasa hukum Anthony Ventura, salah satu pemilik PlayStation 3, telah memasukkan tuntutan ini di Pengadilan Distrik San Francisco, pada akhir April lalu. Sony meng-upgrade sistem PlayStation pada 28 Maret.

Sebelum mengambil langkah hukum, sebagian besar pemilik PlayStation 3 yang tidak puas telah membanjiri laman PlayStation dengan keluhan. Laman News Factor mencatat 7.454 komentar dikirim konsumen yang kecewa pada Kamis, 29 April 2010.

Keluhan yang disampaikan para pemilik PlayStation 3 ini beragam, mulai dari kekecewaan terkait penghapusan kemampuan mengoperasikan Linux, hingga kemarahan karena Sony menghilangkan fitur yang telah mereka bayar.

Pihak Sony sendiri menyatakan bahwa upgrade dan penghapusan Linux itu merupakan bagian dari upaya melindungi hak intelektual dalam sistem PlayStation 3. Mereka juga berkilah bahwa upgrade ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan.

Menurut Sony, pemilik PlayStation 3 yang tidak memperbarui sistem mereka terancam risiko kehilangan fitur lain seperti akses ke PlayStation Network, permainan terbaru, dan film-film berformat Blu-ray. Para pemilik PlayStation tersebut juga bisa kehilangan hak menggunakan video yang dilindungi hak cipta yang tersimpan di server.

Jika Hakim Distrik San Francisco memutuskan untuk meneruskan gugatan ini, penggugat akan meliputi seluruh pembeli PlayStation 3 dalam rentang waktu 17 November 2006 hingga 27 Maret 2010. Tuntutan ini tidak menjelaskan secara rinci mengenai ganti rugi namun diduga tidak akan melebihi US$ 5 juta.

Juru bicara Sony, Julie Han menyatakan Sony menolak mengomentari karena proses hukum masih berjalan. Sebelum kasus ini, Sony Entertainment sempat tersandung masalah hukum pada Oktober 2009. Saat itu, penuntut John Kennedy menuding bahwa pembaruan sistem menyebabkan kerusakan ribuan PlayStation 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar